GUNA MENCEGAH TERJADINYA PELANGGARAN, PERSONEL KODIM 1404/PINRANG MENMERIMA PENYULUHAN HUKUM

1404_ Tim Kumdam XIV/Hasanuddin memberikan penyuluhan hukum bagi para Prajurit TNI, ASN dan Anggota Persit KCK Kodim 1404/Pinrang, yang dilaksanakan di Aula Kodim 1404/Pinrang guna mencegah dan meminilasir tyerjadinya pelanggaran hukum di jajaran Kodim 1404/Pinrang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, (19/06/2020).

Dalam sambutannya Dandim 1404/Pinrang Letkol Arm Lukman Sasono S.Sos., mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara hukum, secara konstitusional telah disebutkan pada UUD 1945. “Apalagi kita sebagai anggota TNI, secara khusus memiliki aturan dan hukum yang lebih banyak bila dibandingkan dengan masyarakat pada umumnya, untuk itu saya berharap anggota sekalian dapat memahami itu dan diharapkan kita semua bisa memperbaiki kualitas hidup secara pribadi dan cara pola pikir kita semakin dewasa dalam bertindak serta bijak dan tentunya menjadi contoh bagi masyarakat,” pungkas Dandim.

Dandim juga berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum ini anggota dapat lebih mengerti lagi aturan dan rambu-rambu dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang Prajurit. “Disimak baik-baik apa yang akan disampaikan nantinya dan Anggota sekalian silakan bertanya kalau kurang jelas ataupun ada permasalahan hukum yang perlu disampaikan.” tegas Dandim.

Kapten Chk Helmy Zunan Wijaya. S.H  M.H selaku ketua pembawa materi mengatakan bahwa salah satu materi yang dibawakan pada pelaksanaan penyuluhan hukum ini adalah tentang Undang – undang Informasi dan Transaksi Elektronik ( UU ITE ).

“Sebagain besar prajurit TNI dan Persit saat sekarang ini pasti mempunyai media sosial (Medsos ), oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan Medsos jangan sampai terjerat UU ITE, “ katanya. Selanjutnya Kapten Chk Helmy Zunan Wijaya. S.H  M.H menjelaskan aturan-aturan yang tercantum dalam UU ITE dan memberikan beberapa contoh yang diambil dari pemberitaan di media beberapa orang publik figur yang terjerat UU ITE karena konten pornografi dan ujaran kebencian.

Materi kedua yang dibawakan oleh Kapten Chk Helmy Zunan Wijaya. S.H  M.H adalah penyuluhan hukum tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) berdasar UU no 23 Tahun 2004. Dalam penjelasannya Kapten Chk Helmy Zunan Wijaya. S.H  M.H mengatakan bahwa kekerasan dalam rumah tangga (disingkat KDRT) adalah tindakan yang dilakukan di dalam rumah tangga baik oleh suami, istri, maupun anak yang berdampak buruk terhadap keutuhan fisik, psikis, dan keharmonisan hubungan sesuai yang termaktub dalam pasal 1 UU Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT).

Selanjutnya ditampilkan kasus-kasus yang menonjol selama tahun 2020 dilanjutkan dengan tanya jawab dan kesempatan tersebut dipergunalan oleh personel Kodim 1404/Pinrang untuk mengajukan pertanyaan ataupun menceritakan berbagai permasalahan yang pernah dialami di Desa binaannya dan langsung dijawab dan diberikan solusi oleh pembawa materi Kapten Chk Helmy Zunan Wijaya. S.H  M.H. Tak lupa Kapten Chk Helmy Zunan Wijaya. S.H  M.H memberikan nomo HP agar personel Kodim 1404/Pinrang bisa menghubunginya apabila masih ada hal-hal yang kurang dimengerti ataupun jika nantinya mengalami masalah hukum agar bisa dibantu.

Pada akhir acara Kapten Chk Helmy Zunan Wijaya. S.H  M.H menyampaikan bahwa kedatangan tim Hukum Kodam XIV/Hasanuddin memberikan penyuluhan hukum di Kodim 1404/Pinrang bertujuan agar para prajurit sadar dan taat hukum sehingga ke depan tidak terjadi pelanggaran baik disiplin maupun pidana.

About kodim1404

KODIM 1404/PINRANG Jl.A.Makkulau Pinrang Poros Pinrang-Rappang

Check Also

KODIM 1404/PINRANG MENYELENGGARAKAN KOMSOS DENGAN APARAT PEMERINTAH KAB. PINRANG

1404_ Komando Distrik Militer (Kodim) 1404 Pinrang menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Pemerintah Daerah dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.