Pembasmian Hama Tikus Secara Massal.

photo_2016-07-22_09-39-10 Kodim 1404,- Dalam upaya menekan populasi tikus sawah, petani dan warga yang dibantu oleh para Babinsa Kodim 1404/Pinrang melakukan pembasmian massal memburu hewan pengerat ini, Senin (18/07). Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian bersama akan ketahanan pangan di Kabupaten Pinrang, khususnya di Kec. Tiroang.

 Kegiatan pembasmian hama tikus ini juga dihadiri oleh bapak Bupati pinrang Andi Aslan Patonangi, Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf Sapta Budhy Purnama, Staf ahli pertanian pusat Prop.Dr.Japar Baco (pakar hama tikus), Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Prop Sulsel.Ir.Hj. Fitri, Kepala Balai Proteksi Kab Maros Ir.Hj.Lenny Kristin DJ.Msi, Kadistan kab pinrang Ir. Johannes Sampe Bua dan aparat pemerintahan lainya serta mayarakat yang berjumalah 170 orang . Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus menggunakan bom tikus yang diberi dari dinas terkait.

Dalam pemberantasan hama tikus ini, menggunakan bom tikus sebanyak 7000 buah sehingga tikus yang berada dalam lubang/sarang ikut mati, adapun hasil tikus yang mati diperkiran + 4640 ekor. Menurut Kepala lingkungan Toe, kegiatan berburu hama tikus tersebut dalam upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama padi, khususnya tikus. “Karena serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, yang sangat merugikan masyarakat,” ungkapnya.photo_2016-07-22_09-38-36

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 14045/Pinrang, Letkol Inf Sapta Budhy Purnama , menjelaskan bahwa keterlibatan TNI-AD dalam kegiatan perburuan hama tikus tersebut sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama. Apa yang mereka lakukan tersebut, menurutnya, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut MoU TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

About kodim1404

KODIM 1404/PINRANG Jl.A.Makkulau Pinrang Poros Pinrang-Rappang

Check Also

UNTUK MEYAKINKAN BERJALAN TERTIB DAN LANCAR, 3 PILAR KELURAHAN MACCORAWALIE MEMANTAU PENYALURAN BST

1404_ 3 Pilar Kelurahan Maccorawalie yaitu Babinsa Serda Edy, Bhabinkamtibmas Brigpol Aris SH dan Lurah Jamili …

.