Virus Antrax Mengancam Hewan Ternak Sapi dan Kerbau di Kab. Pinrang.

photo_2016-03-03_10-07-57Kodim 1404,- Berdasarkan laporan Babinsa Malimpung Serda Naharuddin anggota Koramil  1404/Pinrang, Kematian secara mendadak puluhan ekor sapi ternak di Kampung Malimpung Kecamatan Patampanua Pinrang dalam dua minggu terakhir membuat geger dan panik warga setempat, seperti yang dialami oleh warga an.Hasanuddin (47 Thn), pekerjaan Tani, alamat Dusun Pelita Desa Malimpung yang menemukan hewan ternak sapinya mati secara mendadak di area peternakan miliknya (01/o3).

Setelah dilaksanakan pemeriksaan oleh  Dokter hewan (drh) I Gede Adika dari Dinas Peternakan Kabupaten Pinrang dengan mengambil sampel darah sapi ternak yang mati. Sapi ternak dan kerbau yang mati mendadak dinyatakan positif terkena virus Antrax. Atas hasil itu, drh I Gede Adika meminta agar dilakukan isolasi pada sekitar tempat kejadian dikarenakan ada upaya upaya dari para pemilik sapi untuk menjual cepat sapi ternak miliknya yang masih hidup tanpa harus melalui proses vaksin.

Sedangkan untuk hewan ternak yang sudah mati segera di kuburkan dalam tanah namun sebelumnya terlebih dahulu dibakar agar virus Antrax tidak meluas dan menular ke hewan ternak lainnya. Dari data yang ada sudah  31 ekor sapi ternak yang mati dan 5 ekor kerbau. Ada pun penyebab kematian hewan ternak tersebut, dipastikan karena terserang virus Antrax. photo_2016-03-03_10-08-54

About kodim1404

KODIM 1404/PINRANG Jl.A.Makkulau Pinrang Poros Pinrang-Rappang

Check Also

KORAMIL-05 KODIM 1404/PINRANG PATROLI PENERTIBAN PROTOKOL KESEHATAN DI PASAR DESA MALIMPUNG

1404_ Danramil 05 Kodim 1404/Pinrang Kapten Inf Sumar beserta anggota menyambangi warga dan pedagang di …

.