bABINSA TANAM PADI

Dalam Mensukseskan Program Upsus Pertanian, TNI turun ke Sawah Membantu Petani Pinrang

 

photo_2016-01-24_09-27-34Kodim 1404,- Koramil 1404-07/Lembang merupakan bagian dari komando kewilayahan Kodim 1404/Pinrang yang turut serta dalam mensukseskan program swasebada pangan Kab. Pinrang khususnya di wilayah Kec. Lembang untuk itu anggota Koramil 1404-07/Lembang turun ke sawah membantu petani mengolah sawah untuk persiapan masa tanam padi. Minggu (24/1)

Pelda Kadir selaku Pjs. Komandan Koramil 1404-07/Lembang menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin di laksanakan oleh babinsa masing masing desa guna menbantu petani untuk mesukseskan program Upsus tiga komoditas utama padi jagung kedelai (pajale), pemerintah Kami TNI sangat bertekad untuk mensukseskan kedaulatan pangan dalam 3 tahun ini, yaitu pada tahun 2017.

Pada kegiatan Upsus pajale, segala strategi dan upaya dilakukan untuk peningkatan luas tanam dan produktivitas di daerah-daerah sentra produksi pangan. Operasioanalisasi pencapaian target di lapangan benar-benar dilaksanakan secara all in untuk mensukseskan program yaitu dengan penyediaan dana, pengerahan tenaga, perbaikan jaringan irigasi yang rusak, bantuan pupuk, ketersedian benih unggul yang tepat (jenis/varietas, jumlah, tempat, waktu, mutu, harga ), bantuan traktor dan alsintan lainnya yang mendukung persiapan, panen dan pasca panen termasuk kepastian pemasarannya.

Dukungan dari TNI Angkatan Darat juga diperoleh dengan ditandatanganinya MOU antara Menteri Pertanian RI dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) bahwa seluruh Babinsa akan membantu petani agar program swasembada pangan ini dapat terwujud pada tahun 2017. Dukungan dari jajaran TNI ini telah diwujudkan sejak persiapan pertanaman sampai pengawalan benih dan pupuk. Pelatihan singkat diberikan kepada para Babinsa oleh para pakar yaitu penyuluh, para peneliti dari Dinas Pertanian dan Balitbangtan untuk memudahkan operasionalisasi mereka di lapangan. Beberapa materi pelatihan yang diberikan kepada para Babinsa dari Kodim 1404/Pinrang adalah optimalisasi lahan, peningkatan penggunaan benih bermutu, penerapan teknologi pemupukan yang tepat, pengamanan produksi dari OPT, serta mengoptimalkan pupulasi tanam melalui teknologi pada tanaman padi.

About kodim1404

KODIM 1404/PINRANG Jl.A.Makkulau Pinrang Poros Pinrang-Rappang

Check Also

KODIM 1404/PINRANG MENYELENGGARAKAN KOMSOS DENGAN APARAT PEMERINTAH KAB. PINRANG

1404_ Komando Distrik Militer (Kodim) 1404 Pinrang menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Pemerintah Daerah dan …

.